UA-136443515-1
Ikon Sumut - Gedung Berbentuk Kelapa Sawit Sangat Tepat

Medan, (Analisa). Rencana Pemerintah Pro­vinsi Sumatera Utara (Pem­prov­su) akan membangun gedung yang berbentuk kelapa sawit yang akan dijadikan sebagai Sport Center sekaligus ikon Sumut sangat tepat.

“Sangat tepat kalau ikon Sumut kelapa sawit,” ung­kap Presiden Direktur PT Mahkota Group, Usli Sarsi belum lama ini.

Bila dilihat dari hasil perkebunan seperti karet, coklat, kelapa sawit yang paling banyak di Sumut. Bahkan kalau dibandingkan dengan daerah lain di Pulau Su­matera, Provinsi Sumut mungkin masih yang ter­banyak.

Selain itu kata Usli, lahan Sumut yang subur sangat cocok untuk ditanam sawit. Jangan heran kalau kualitas buah sawit yang dihasilkan di Sumut masih yang terbaik, begitu pula dengan hasil produksi.

Hasil perkebunan kepala sawit, telah memberikan lapangan kerja dan kese­jahteraan masyarakat, khusus­nya di Sumut. Kalau dilihat dari hulu sampai hilir banyak membuka lapangan peker­jaan.

Pusat kajian

Selain memiliki ikon kepala sawit, Sumut juga sangat tepat menjadi pusat kajian kelapa sawit. Selain memiliki perkebunan yang sangat luas, di Sumut juga banyak berdiri pabrik Pengo­lahan Kelapa Sawit (PKS).

“Kita telah menyiapkan Mahkota Group menjadi tempat pusat kajian tentang kelapa sawit,” katanya.

Menurutnya, Provinsi Sumut, khususnya di Kota Medan sangat tepat menjadi pusat kajian Kelapa Sawit. Alasannya Sumut adalah provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Pulau Sumatera. Selain itu di Sumut banyak berdiri perguruan tinggi dan para ilmuan.

Sumut harus menjadi pusat kajian kepala sawit di Indo­nesia. Diharapkan dari Sumut, perkebunan kelapa sawit terus berkembang, tidak saja di Sumut, tapi juga di provinsi lain. Untuk mewujudkan Su­mut sebagai pusat kajian kepala sawit, dukungan pemerintah sangat di­bu­tuhkan.

“Saya yakin pelaku usaha, khususnya yang bergerak di sektor kelapa sawit sangat mendukung kelapa sawit ikon Sumut sekaligus sebagai pusat kajian,” terangnya. (rin)